Mengenal PHP dan Koneksi ke Database MySQL
PHP merupakan bahasa pemrograman server side yang bisa bekerja atau berjalan dengan menggunakan web server dalam hal ini web server yang sering dipakai adalah apache, xitami, IIS dan Tomcat. Kalau Penulis sering memakainya apache.
Web Server Apache sudah sampai ke versi 2.0 kalau untuk mengetahui versi terbaru apache silahkan kunjungi situs ini http://jakarta.apache.org/ didalam sana terdapat informasi tentang web server apache. baik kegunaanya juga penyetingan dalam aplikasi tertentu.
Database MySQL merupakan database server yang biasa digunakan untuk menyimpan data, database ini Open source/ gratis bisa dipakai dimana aja , di windows dan Linux, kita bisa mendownload aplikasi ini di web MySQL . Database ini juga bisa koneksi dengan berbagai bahasa pemrograman dekstop tidak hanya untuk PHP saja, antara lain Visual Basic, Delphi, J2ME, JSP dan lain sebagainya. Penulis sering menggunakannya dengan Bahasa Pemrograman Visual Basic, karena kemampuannya memang disana, he3x nanti ada pembahasan lagi. untuk koneksi ke Bahasa pemrograman Dekstop seperti itu harus menggunakan beberapa aplikasi yaitu MyODBC,JODBC silahkan kunjungi web MySQL karena Semua Informasi tentang database MySQL ada disana
Contoh Pemrograman PHP
Menampilkan STRING
<?php
echo
“Hallo Apakabar <br>”;
Print
“Kabar Baik”;
?>

Hasilnya :

Hallo Apakabar
Kabar Baik

Perintah Echo dan Print disana itu hampir sama , yaitu berfungsi untuk menampilkan string

—> Masih ada kelanjutannya <—-