Menurut Al-Qur’an Tuhan berfirman :

Adz-Dzaariyaat (51 ayat 56) :

dan tidak aku jadikan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah
kepada-Ku.

Awal ibadah ialah tafakur dan berdiam diri, selain untuk mengingat
Alloh.. Sebenarnya bertafakur satu jam lamanya adalah lebih baik dari
pada beribadah selama satu tahun

Sebaik-baiknya Ibadah adalah bertafakur tentang Alloh dan kekuasaan-
Nya. Tafakur merupakan kunci untuk membuka pintu Ma’rifat dan
mempelajari Rohani yang tersembunyi.

Arti ibadah :

Ketahuilah bahwa bebas dari kesibukan lain demi tenggelamnya dalam
ibadah dapat terjadi bila memiliki waktu yang luang dan hati yang
masih kosong . dan ini merupakan salah satu hal amat penting dalam
ibadah, yang tampa hal ini kehadiran hati tidak mungkin terjadi, dan
ibadah yang dilakukan tampa kehadiran hati tidak ada nilainya.

Yang membuat hati hadir itu ada dua. Yang pertama adalah memiliki
waktu yang luang dan hati yang masih belum disibukan oleh apapun.
Sedangkan yang ke dua adalah membuat hati memahami penting ibadah,
yang dimaksud waktu luang’ adalah kita harus menyisihkan waktu kita
khusus untuk Ibadah di mana kita harus mencurahkan diri semata-mata
untuk ibadah tanpa di ganggu pemikiran atau kesibukan lain.

Berikut ini kami mencoba menjelaskan pokok persoalan ini.

Orang yang saleh tentu akan memperhatikan waktu waktu ibadahnya dalam
keadaan apapun. Tentu saja dia akan memperhatikan waktu-waktu shalat,
yang merupakan tindakan ibadah yang penting, dan melaksanakannya,
dengan sebaik-baiknya, tidak memikirkan pekerjaan lain selama waktu-
waktu itu.

Dan bila beribadah, itu dilakukan dengan tak bersungguh-sungguh atau
asal-asalan saja, karena menganggap ibadah sebagai menghalangi apa
yang dibayangkannya sebagai tugas penting.

Namun ibadah semacam itu bukan saja tidak memiliki kecemerlangan
spiritual, namun juga patut mendapat murka Alloh, dan orang seperti
itu adalah orang yang meremehkan shalat dan mengabaikannya.

Aku berlindung kapada Alloh dari meremehkan Shalat dan dari tidak
memberikan makna yang sepatutnya kepada shalat.

Ada caranya untuk mengabdi dan beribadah kepada tuhan yang benar,
beribadah kepada tuhan dapat dibagi dalam tiga tahap :

Tahap I. BEKERJALAH UNTUKKU.

Engkau harus mengerti bahwa pekerjaan apapun yang kau lakukan di dunia
ini hal itu telah terkait dengan tuhan (Alloh) karena Dia adalah
penguasa tertinggi di Dunia.

Al-Insaan (76 Ayat 30 ):

“Dan tiadalah kamu berkehendak kecuali yang di kendaki Alloh.
Sesungguhnya Alloh adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Tahap II. SEMATA-MATA DEMI AKU.

Apapun yang kau kerjakan tidak kau lakukan untuk kebaikan untuk dirimu
sendiri. Siapakah engkau sebenarnya ?

Tuhan berkata : “Akulah yang bersinar dalam dirimu” kata Aku ini
timbul dari yang Esa, dari ROH itu sendiri.

“Apapun yang kau lakukan, lakukanlah bagi kepuasan-Ku, demi Aku.

Kerjakanlah semua atas nama-KU.

Bertindaklah sebagai alat-Ku, sadarlah bahwa aemua yang kau lakukan
hanyalah demi Aku. Disini kata “Milik-Ku atau “Aku” menunjukan ROH,
bukan badan Jasmani.

Tahap III. BERBAKTILAH HANYA KEPADA-KU

Engkau harus mengerti petunjuk ini.

Bakti adalah pernyataan taqwa.

Emosi yang dinamakan taqwa memancar dari ROH.

Taqwa yang sebenarnya berarti bakti, adalah sebutan untuk ROH.

Prinsip taqwa yang memancar dari lubuk hati ini harus menjiwai setiap
perbuatan, perkataan dan pikiran.

Hal ini akan terjadi bila engkau beranggapan bahwa segala sesuatu yang
kau lakukan, katakana dan pikirkan, hanya kau perbuat untuk
menyenangkan Tuhan saja.

Tidur, makan dan berbagai kegiatan dalam kehidupan sahari-hari kau
lakukan karena cintakapada Aku dan Aku timbul dari ROH.

Al-An’aam (6 ayat 162)

Katakanlah, “Sesungguhnya Shalatku, ibadahku, hidup dan matiku
(hanyalah) untuk Alloh, Tuhan semesta alam”.

Wallahu ‘alam bishawab

22 Tanggapan to “Untuk apakah manusia diciptakan Tuhan di dunia ini ?”

  1. Syabiltech Says:

    Terima kasih sob, articles ini membuka mata hatiku lagi.

  2. juel Says:

    THANX boz….semoga w bs menemukan tujuan hidup yang sesungguhnya…


  3. subhanawlah…tp sekarang bnyak mnusia yg gila akan kehidupan duniawi saja

  4. Ilham Says:

    Mas saya mo tanyak ada berapa ruh dlm tubuh manusia? Terima kasih


  5. Masya’Allah…aku menjadi prihatin sama artikel ini…bisa aku kongsi artikel ini sama teman2 ku?..gi mana kayaknya utk aku perolehi buku2 seperti informasi-informasi di atas? Terimakasih.

  6. just_me Says:

    Saya tidak pernah minta dilahirkan, dan jika saya tidak pernah dilahirkan, artinya saya tidak perlu menjalani ritual hidup yang menyengsarakan, dan tidak perlu bertanggung jawab di akherat kelak. Jika kita diciptakan hanya untuk beribadah kepadaNya, tanpa mampu berkehendak, karena semua Tuhan yang menentukan, setelah mati masih harus mempertanggung jawabkan segala dosanya di neraka. Betapa sedihnya saya, mengapa harus diciptakan..?manusia telah diciptakan dengan segala akal dan nafsunya, sehingga tidak mungkin menghindar dari kesalahan.

    lagi, apa enaknya diciptakan sebagai manusia, mengapa saya harus dilahirkan..?

  7. Oem Kazz Says:

    Sangat bermanfaat….

  8. Acenggaluh Says:

    Ya Allah ampunilah aku,jangan kau hukum aku dan janganu Kau murkai aku atas dosa-dosaku,dan atas kelalaianku dalam mengingatmu

  9. muslim Says:

    I was sama seperti just_me…

    w sih pernah bingung kenapa harus jadi manusia yg serba terbatas, g bisa terbang kayak superman, g kayak superhero2 yang ada…repot…
    dibuat punya akal ma nafsu ntar malah bikin salah eh dihukum masuk neraka, sial bgt jadi manusia…

    ni bnr2 cuma pendapat w kalau salah maafkan n tunjukkan yg bnr, skarang ini w mikir tuhan itu kan maha kuasa, bisa aja kan manusia dan yg lain2nya dikendalikan seperti robot…bisa aja kita jadikan manusia yg bisa ngontrol nafsux, n kita puas dengan sgala yg didapat, cuma bersenang2 trus masuk surga tp belakangan w mikir, knapa kita hidup, knapa kita harus beribadah, n knapa2 yg lainnya (hal2 yg merepotkan), kenikmatannya dimana tuh kalau gitu…
    justru karena kita tidak dijadiin robot, diberi kesempatan n kepercayaan untuk bisa ngelakuin apa ja yg kita mau (bisa baik, bisa buruk, bisa masuk neraka, bisa masuk surga)…itu adalah suatu hadiah…
    kita diberi pilihan, diberi kesempatan untuk bisa mengeruk semua apapun yg kita mau…(kuasa)

    so manfaatin ja kekuasaan yg telah dikasih…

    dengan menjalankan amanah sbg manusia yang mempunyai semua sifat2 tuhan walau dikit, yang bisa memilih, menentukan keinginannya sendiri, kita seharusnya menikmatinya, bukan menyesalinya…

    p.s
    jangan2 sebenarnya kita (manusia) adalah tuhan itu sendiri yg sedang mencari hiburan/main game di dunia ini…

  10. Rofindra Striker Iskandar Says:

    ya allah janganlah engkau menghukum aku,dan ampunilah dosaku dan dosa seluruh keluargaku dan masukkanlah aku dan semua orang muslim di dunia ke tempat yang jauh lebih indah dari dunia ini ya allah


  11. Menunjukkan betapa keMaha Kuasaan Allah..manusia ciptaanya harus tunduk patuh.karena memang siapa yg bisa melawan Tuhan.

  12. Pusing Says:

    pemikiranku sama seperti “just me” dan “muslim”


  13. Appreciate your a great share!


  14. Great, pleased it had been helpful.

  15. bebybpd Says:

    saya sedikit sama berpendapat dari just me,,,

  16. bebybpd Says:

    untuk apa dunia ini di ciptakan? dan untuk apa manusia ini di ciptakan,,yang tersesat masuk neraka yang tidak tersesat masuk surga,,dan orang yg di luar agama islam apakah mereka tersesat?? salahkah mereka mengikuti agama ibu bpk mereka?? dan mereka pun tidak tahu mereka hanya mengikuti orang tua mereka,,begitu juga dengan kita benerkah?? dan coba kita diposisi mereka di lahirkan non islam salah kah kita terlahir di rahim yahudi???,,,,,,,, kenapa manusia di ciptakan kalau hanya untuk di goda sang setan,,?? setan ada dimana2 di hatimu dan hati ku,,,,ketahuilah wahai saudara ku kita sama2 manusia yg malang,, ,dan kalian tidak akan bisa merubah dunia jdi yang kalian inginkan,,manusia setan jin iblis dan yahudi untuk apa semua ini di ciptakan dan untuk apa kita disini di dunia ini kalau hanya menambah dosa,,dan setiap manusia yg lahir di dunia dosa kemunafikan iri dengki sirik sudah menanti, untuk apa kami di lahirkan kalau hanya menambah dosa tuhan,,dan untuk apa engkaw lahirkan kami dan ciptakan kami berbeda agama,,salah kah aq berkata engkaw tidak maha adil karna engkaw lahirkan aq di dalam rahim orang ISLAM dan soudara soudariku di rahim YAHUDI??? untuk apa semua ini tuhan engkaw yg memulai engkaw pula mengakhri,,tuhan ampuni aku,,aku tahu aku tak ber’arti apa2 bagimu,,kalau boleh aku memohon dan katanya kau maha pengasih,,maka aku minta tolong jangan ciptakan dan lahirkan kami di dunia ini lagi tuhan,,aku berharap ini dunia atau bumi yg terakhir,,amiiin ya AllAH,,,

  17. Acdbl Says:

    aya berfikir untuk apa dunia ini di ciptakan? dan untuk apa manusia ini di ciptakan,,yang tersesat masuk neraka yang tidak tersesat masuk surga,,dan orang yg di luar agama islam apakah mereka tersesat?? salahkah mereka mengikuti agama ibu bpk mereka?? dan mereka pun tidak tahu mereka hanya mengikuti orang tua mereka,,begitu juga dengan kita benerkah?? dan coba kita diposisi mereka di lahirkan non islam salah kah kita terlahir di rahim yahudi???,,,,,,,, kenapa manusia di ciptakan kalau hanya untuk di goda sang setan,,?? setan ada dimana2 di hatimu dan hati ku,,,,ketahuilah wahai saudara ku kita sama2 manusia yg malang,, ,dan kalian tidak akan bisa merubah dunia jdi yang kalian inginkan,,manusia setan jin iblis dan yahudi untuk apa semua ini di ciptakan dan untuk apa kita disini di dunia ini kalau hanya menambah dosa,,dan setiap manusia yg lahir di dunia dosa kemunafikan iri dengki sirik sudah menanti, untuk apa kami di lahirkan kalau hanya menambah dosa tuhan,,dan untuk apa engkaw lahirkan kami dan ciptakan kami berbeda agama,,salah kah aq berkata engkaw tidak maha adil karna engkaw lahirkan aq di dalam rahim orang ISLAM dan soudara soudariku di rahim YAHUDI??? untuk apa semua ini tuhan engkaw yg memulai engkaw pula mengakhri,,tuhan ampuni aku,,aku tahu aku tak ber’arti apa2 bagimu,,kalau boleh aku memohon dan katanya kau maha pengasih,,maka aku minta tolong jangan ciptakan dan lahirkan kami di dunia ini lagi tuhan,,aku berharap ini dunia atau bumi yg terakhir,,amiiin ya AllAH,


  18. Manusia diciptakan untuk beribadah kepadaNya.

  19. rian Says:

    wp hebat….
    ada syair yang berbunyi….aku ingin hidup seribu (1000) TAHUN
    kalau lah kita tahu betapa nikmatnya hidup di dunia atau surga dunia..kebahagian berlimpah harta jabatan ..punya istri cantik atau suami yg ganteng ….kalau tahu pastilah setiap manusia ingin di lahirkan kedunia..apa lagi kita tahu nikmat surga…jauh lebih nikmat di surga…..jadi ….nikmati hidup …kita tinggal pilih …surga dan neraka…kita diberi akal yg sempurna oleh Alloh……

  20. imamalbadry Says:

    Pemikiran ku jga sama dgn just me, muslim, dan acdbl


  21. berfikir dengan bijaksana kawan, kenapa kita terlahir lengkap dengan nafsunya, dan juga dengan banyak kelemahannya, dan juga nggak bisa terbang kayak superman? karena hidup ini selain anugerah adalah juga ujian. anugerah karena disitu ada nikmat. ujian karena disitu ada pahala dan balasan berupa surga bagi yang menjalaninya dengan baik. dan balasan neraka bagi yang curang dalam ujian tersebut. ini baru di ranah logika. dan untuk yang lebih indah penjelasannya, kita dapat mengkaji lebih dalam Al-Quran dan Al-Hadits.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.