Artikel dari milis tetangga, semoga bermanfaat.

Allah SWT meletakkan kesuksesan dan kebahagiaan hidup manusia di dunia
dan akhirat hanyalah pada agama Islam yang sempurna. Agama Islam yang
sempurna adalah agama yang dibawa oleh Rasululloh SAW. Meliputi Iman,
Ibadah, Muamalah, Muasyarat dan Ahlaq. Pada saat ini umat islam tidak
ada kekuatan dan kemampuan untuk mengamalkan agama secara sempurna.
Para sahabat RA telah sukses dan jaya dalam mengamalkan agama secara
sempurna karena mereka memiliki sifat-sifat dasar yang terkandung
dalam enam sifat sahabat yang meliputi,

1. Yakin atas kalimah

thoyyibah “laa ilaaha illallah muhammadurrasulullah”

2. Sholat khusyu’ dan khudlu’

3. Ilmu ma’adzikir
4. Ikromul Muslimin
5. Tashihun niat
6.Da’wah dan tabligh khuruj fi sabilillah.
Enam sifat sahabat RA tersebut bukan merupakan wujud agama yang sempurna, karena agama yang sempurna terkandung dalam al qur’an dan al hadits, tetapi apabila enam sifat para sahabat tersebut ada dalam diri kita maka Allah SWT akan memberikan kemudahan kepada kita untuk mengamalkan agama secara sempurna.

1. Yakin atas kalimah thoyyibah “laa ilaaha illallah muhammadurrasulullah”.
Arti : Tidak ada yang berhak disembah selain Allah Swt. Dan Baginda
Muhammad Saw. Adalah utusan Allah.
Maksud Laa ilaha illallah
Mengeluarkan keyakinan pada mahluk dari dalam hati dan memasukkan
keyakinan hanya kepada Allah Swt. Di dalam hati.
Fadhilah :
1. Barang siapa yang mati sedangkan dia yakin tidak ada yang berhak
disembah selain Allah Swt., maka dijamin masuk surga.
2. Barang siapa yang bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah
selain Allah dan hatinya membenarkan lisannya, maka dipersilahkan
masuk surga dari pintu mana yang dia suka.
3. Sekecil-kecil iman dalam hati maka akan Allah berikan surga yang
luasnya 10 kali dunia.
Cara mendapatkan :
1. Dakwahkan pentingnya iman yakin.
2. Latihan dengan cara memperbanyak halaqoh-halaqoh / majlis iman
yakin (bicara atau dengar).
3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat iman dan yakin.
Maksud Muhammadarrasulullah
Meyakini hanya satu-satunya jalan untuk mencapai kejayaan dunia dan
akherat hanya dengan cara ikut sunnah Rasulullah Saw.
Fadhilah :
1. Rasulullah Saw. bersabda, Tidak akan masuk neraka seseorang yang
bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah dan Aku
(Muhammad) sebagai utusan Allah.
2. Rasulullah Saw. bersabda barang siapa yang berpegang teguh dengan
sunnahku dikala rusaknya ummatku maka baginya pahala 100 orang mati
syahid.
3. Rasulullah Saw. Bersabda barang siapa menghidupkan sunnahku sungguh
dia cinta padaku, dan barangsiapa yang cinta padaku maka akan
bersamaku didalam surga.
Cara mendapatkan :
1. Dakwahkan pentingnya menghidupkan sunnah Rasulullah Saw.
2. Latihan , yaitu dengan cara menghidupkan sunnah Rasulullah Saw.
Dalam kehidupan kita selama 24 jam.
3. Berdoa kepada Allah agar diberikan kekuatan untuk menghidupkan
sunnah.

2. Sholat khusyu’ dan khudlu’
Arti : Shalat dengan konsentrasi batin dan merendahkan diri dengan
mengikut cara yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw.
Maksud Shalat Khusu dan Khudu
Membawa sifat-sifat ketaatan kepada Allah Swt didalam shalat kedalam
kehidupan sehari-hari.
Fadhilah :
1. Allah berfirman : Sesungguhnya shalat dapat mencegah dari perbuatan
keji dan mungkar.
2. Allah berfirman : Carilah pertolongan Allah dengan sabar dan
shalat.
3. Rasulullah Saw. Bersabda : shalat adalah milahnya orang beriman.
Cara mendapatkan :
1. Dakwahkan pentingnya shalat
2. Latihan dengan cara :
a. Memperbaiki dhahirnya shalat.
b. Menghadirkan keagungan Allah
c. Belajar menyelesaikan masalah dengan shalat
3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat shalat khusyu dan khudu.

3. Ilmu ma’adzikir
Arti Ilmu : Semua petunjuk yang dating dari Allah Swt melalui Baginda
Rasulullah Saw.
Arti Dzikir: Mengingat Allah sebagaimana agungnya Allah.
Maksud Ilmu ma’adzikir
Mengamalkan perintah Allah Swt. Pada setiap saat dan keadaan dengan
menghadirkan keagungan Allah didalam hati dan ikut cara Rasulullah
Saw.
Fadhilah Ilmu:
1. Apabila Allah menghendaki kebaikan pada seorang hamba, maka akan
Allah fahamkan dirinya pada masalah agama.
2. Barangsiapa berjalan mencari ilmu maka akan Allah mudahkan untuknya
jalan menuju surga.
3. Barangsiapa mempelajari satu ayat Al Quran maka nilainya adalah
lebih baik daripada shalat sunnah 100 rakaat. Barangsiapa mempelajari
satu bab dari ilmu maka lebih baik nilainya daripada shalat sunnah
1000 rakaat.
Fadhilah Dzikir:
1. Perumpamaan orang yang berdzikir dengan orang yang tidak berdzikir
adalah seperti orang yang hidup dibandingkan dengan orang yang mati.
2. Allah berfirman : Dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi
tenang.
3. Allah berfirman : Ingatlah pada Ku niscaya Aku akan ingat kepadamu.
Cara mendapatkan ilmu fadhail :
1. Dakwahkan pentingnya ilmu fadhail
2. Latihan dengan cara :
a. Duduk dalam halaqoh fadhail di masjid dan di rumah.
b. Ajak manusia untuk duduk dalam halaqoh fadhail
c. Hadirkan fadhail dalam setiap amalan .
3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat ilmu fadhail.
Cara mendapatkan ilmu masail :
1. Dakwahkan pentingnya ilmu masail
2. Latihan dengan cara :
a. Duduk dalam halaqoh masail dengan para alim ulama.
b. Bertanya kepada ulama baik untuk masalah agama maupun dunia.
c. Sering berziarah kepada para alim ulama .
3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat ilmu masail.
Cara mendapatkan dzikir :
1. Dakwahkan pentingnya dzikir kepada Allah Swt.
2. Latihan dengan cara :
a. Setiap hari membaca Al Quran (usahakan 1 juz).
b. Membaca tasbihat, shalawat dan istigfar masing-masing 100 X.
Ketika membaca tasbihat maka hadirkan kemahasucian Allah
Ketika membaca shalawat maka ingat jasa-jasa Rasulullah kepada kita.
Ketika membaca istigfar maka hadirkan sifat Maha Pengampunnya Allah.
c. Amalkan doa-doa masnunah (harian) .
3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat dzikir.

4. Ikromul Muslimin
Arti : Memuliakan sesame orang islam / muslim.
Maksud ikramul muslimin
Menunaikan hak-hak semua orang islam tanpa meminta hak daripadanya.
Fadhilah :
1. Allah akan menolong seorang hamba selagi dia menolong saudaranya.
2. Barang siapa menutup aib saudaranya yang muslim maka Allah akan
menutup aibnya dan barang siapa membuka aib saudaranya yang muslim
maka Allah akan membuka aibnya sampai dia akan dipermalukan di
rumahnya sendiri.
3. Senyummu didepan saudaramu adalah sedekah.
Cara mendapatkan :
1. Dakwahkan pentingnya ikram
2. Latihan dengan cara :
a. Memberi salam kepada orang yang kita kenal ataupun yang tidak kita
kenal.
b. Menyayangi yang muda, menghormati yang tua, memuliakan uloama dan
menghormati sesama.
c. Berbaur dengan semua orang yang berbeda-beda wataknya.
3. Berdoa kepada Allah agar diberikan ahlaq sebagaimana ahlaq Baginda
Rasulullah Saw.

5. Tashihun niat
Arti : Membetulkan / meluruskan niat
Maksud tashihun niat
Membersihkan niat pada setiap amalan semata-mata karena Allah Swt.
Fadhilah :
1. Sesungguhnya Allahtidak akan menerima amalan seseorang kecuali
dengan ikhlas.
2. Sesungguhnya Allah tidak memandang pada rupamu dan hartamu tetapi
Dia akan memandang pada hatimu dan amalanmu.
3. Baginda Rasulullah Saw. Bersabda : Wahai Muadz jagalah keihklasan
karena amal yang ikhlas walau sedikit akan mencukupi.
Cara mendapatkan :
1. Dakwahkan pentingnya ikhlas.
2. Latihan dengan cara : setiap beramal periksa niat kita, sebelum
beramal, ketika beramal dan setelah beramal, bersihkan niat agar
semata-mata hanya karena Allah.
3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat ikhlas dalam beramal.

6. Da’wah dan tabligh khuruj fi sabilillah
Arti : Dakwah mengajak, Tabligh menyampaikan dan khuruj fisabilillah
adalah keluar di jalan Allah.
Maksud
1. Memperbaiki diri, yaitu bagaimana agar dapat menggunakan harta diri
dan waktu sebagaimana yang diperintahkan Allah.
2. Menghidupkan agama secara sempurna pada diri sendiri dan semua
manusia diseluruh alam dengan menggunakan harta dan diri sendiri.
Fadhilah :
1. Allah berfirman : dan adakah yang perkataannya lebih baik daripada
seseorang yang mengajak manusia kepada Allah.
2. Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk kebaikan dia akan
mendapatkan pahala seperti orang yang mengamalkan.
3. Sepagi sepetang dijalan Allah lebih baik daripada mendapatkan dunia
dan seisinya.
Cara mendapatkan :
1. Dakwahkan pentingnya dakwah dan tabligh.
2. Latihan dengan cara : keluar dijalan Allah minimal 4 bulan seumur
hidup, 40 h setiap tahun, 3h setiap bulan dan 2,5 jam setiap hari.
Tingkatkan dengan cara bertahap-tahap menjadi 4 bl tiap tahun, 10h
tiap bulan dan 8 jam setiap hari.
3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat dakwah dan tabligh yaitu
dapat menggunakan harta, diri dan waktu untuk kepentingan agama.

pada tanggal 20 Nopember 2008 telah dilahirkan seorang anak dari pernikahan Sugeng Fitriyadi – Rost Mei Ningsih, anak tersebut diberikan nama ILHAM MAULANA ROSYID, dia merupakan anak pertama kami, semoga menjadi anak yang sholeh, Taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Taat Kepada Ibu-Bapaknya, Berbakti kepada Agama, Masyarakat dan Agamanya, Amiien….

ini  beberapa foto dari anakku

WAMIKA merupakan suatu Organisasi Kerohanian ISlam di STMIK AKAKOM, disini dulu ak berorganisasi sejak ak kuliah di STMIK AKAKOM, banyak kenangan yang tidak bisa ak lupakan bersama teman-temanku.. susah senang dan bahagia pernah ak rasakan bersama wamika. makan bersama, bertengkar bersama, ngotot-ngototan bersama, tertawa bersama, tersenyum bersama.. banyak hal.. yang penting kami kompak dalam menebarkan dakwah di kampus STMIK AKAKOM.

berikut gambar-gambar kenangan di wamika :


LK WAMIKA 2001
diatas : damar,anto,bunafit,sulis,agus,agung,pak guntara,gondez,bagus,topik
dibawah : sugeng,yono,widya,udin-jogja,wawan,hari,gozali,udin-brebes
(aku pake baju biru Lho…!!)


Kepengurusan UKM WAMIKA 2002
Agus(waka 2),bunafit(Dep Minat&bakat),Reno(waka 1),Sulis(Ketum WAMIKA)
Anjar Sulistya, Sofyan Amroni,Sugeng(Dep Dakwah), Joko Prastiyo(Dep Pengkaderan)
(Ak yang ada dibawah pake baju kotak2..)


PESANTREN WAMIKA DI PAKEM KALIURANG ( ak yang pake baju kotak2 ..)


PENGAJIAN AKBAR 2002 ( pada saat masih pada kumpul semua)
yang tua2 juga masih ada disana kok mas iwan, mas hakim g ad ya ???


Bersama dengan Adik-adik angkatan 2002
hayoh tebak ak yang mana ???


Genk WAMIKA
( lagi berpose pemain sepak bola )


MABIT (bersama Yuan, Endras dan Roni)
kayak F4 ya !! –> Ngimpi kali ye….


HALAL BIHALAL WAMIKA
( bersama syekh Departemen Dakwah dari Klaten )


TADABUR ALAM WAMIKA
( budi masih gondrong ya… lagi pada mesraan semua hahaha… )


di Pesantren NAPZA kulon progo
( si sulis lagi mendoakan semoga turun hujan, biar jogja tidak kekeringan, he..he.. )

MAAF BAGI AKHWAT-AKHWAT GAMBARNYA TIDAK SAYA PUBLISH
TAKUTNYA MENJADI FITNAH ….
( memang punya gambarnya ???? )

Pesantren Virtual – “Pondok Pesantren era Digital”
Website: http://www.pesantre nvirtual. com
Pengajian : Keutamaan Bulan Dzul Hijjah
Oleh: Ustadz Andre Gunawan, Lc

Allah s.w.t. berfirman:
Dan (ingat juga) ketika Tuhanmu memaklumkan” sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”
Shalawat dan salam marilah kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw dan keluarga, sahabat-sahabat serta para pengikutnya.

Hari-hari ini kita telah memasuki bulan yang mulia yaitu bulan Dzul hijjah. Di mana pada bulan ini Allah Swt memberikan karunia bagi hambaNya untuk memberbanyak amal shaleh.Telah banyak dalil tentang
keutamaan sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah ini, baik dari Kitab maupun Sunnah. Diantara amalan yang di anjurkan dalam hari-hari ini adalah:
a.Shalat
Disunnahkan bersegera mengerjakan shalat fardhu dan memperbanyak shalat-shalat sunnah, karena semua itu merupakan ibadah yang paling utama.
b.Shoum(Puasa)
Karena dia termasuk perbuatan amal shaleh. Dari Hunaidah bin Kholid dari istrinya dari sebagian istri-istri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, dia berkata: “Adalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam berpuasa pada tanggal sembilan Dzul Hijjah, sepuluh Muharram dan tiga hari setiap bulan”
(Riwayat Imam Ahmad, Abu Daud dan Nasa’i).

c.Takbir, Tahlil dan Tahmid
Dari Ibnu Umar radiallahuanhu dia berkata: Rasulullah bersabda: Tidak ada hari-hari yang lebih besar di sisi Allah Ta’ala dan tidak ada amal perbuatan yang lebih dicintai selain pada sepuluh hari itu. Maka perbanyaklah pada hari-hari tersebut Tahlil, Takbir dan Tahmid “ (Riwayat Tabrani dalam Mu’jam Al Kabir)
d.Puasa hari Arafah
Puasa Arafah sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak pergi haji, sebagaimana riwayat dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bahwa beliau berkata tentang puasa Arafah (yang artinya): “Saya berharap kepada Allah agar dihapuskan (dosa) setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya” (Riwayat Muslim).
e.Berkurban pada tanggal 10 Dzulhijjah dan hari Tasyrieq
Berkurban merupakan ibadah yang di syariatkan dalam agama Islam, sebagai ibadah untuk mendekatkan diri bagi seorang hamba kepada Allah Swt. Firman Allah Swt dalam surat Al Kautsar ayat 1-3:
“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak(1) Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah( 2) Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus” (QS:Al Kautsar[108] :1-3)
Setiap hamba akan menemui ujian pengorbanan sesuai dengan bobot dan kadar keimanannya. Kita selalu dalam saringan dan ujian Allah Swt. Babak-babak penyaringan itu akan terus dan berjalan melalui peristiwa demi peristiwa.
Semua itu pada hakikatnya Allah Swt hendak menguji kualitas keimanan setiap hambaNya. Apakah termasuk kualitas keimanan sungguhan apa tidak, manakah yang lebih dominan antara iman dan rasa eman. Firman Allah Swt:
“Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu”(QS: Muhammad[47] :31)
Ibadah kurban hukumnya adalah sunnah muakadah (sangat dianjurkan) bagi mereka yang mampu secara materi. Ini seperti dijelaskan oleh Rasulullah Saw, “Barang siapa memiliki kelapangan rizki (keuangan), lalu ia tidak berkurban, maka janganlah ia datang ke tempat shalat kami,”(HR.Ahmad) .
Maka bagi kaum muslimin yang telah mampu atau kuasa menyembelih hewan kurban, hendaklah melaksanakannya tanpa ragu-ragu sebagai usaha untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Perintah melaksanakan ibadah kurban mempunyai beberapa keutamaan, diantaranya sebagai berikut:
Pertama:Pengampunan dari Allah Swt. Rasulullah Saw telah bersabda kepada anaknya, Fatimah, ketika beliau ingin menyembelih hewan qurban.”Ya Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah : Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah Swt, Rabb alam semesta (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi)
Kedua: Mengharap keridhaan dari Allah Swt. Allah Swt telah berfirman:
“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya” ( QS:Al Hajj[22]:37)
Ketiga: Ibadah kurban merupakan amalan yang paling dicintai Allah pada
hari Raya Idul Adha. “Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban”. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan hakim)
Keempat: Hewan kurban sebagai saksi di hari kiamat. “Sesungguhnya hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak disuatu tempat disisi Allah sebelum mengalir ditanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan hakim)
Kelima: Mendapatkan pahala yang besar. Pahala yang amat besar, yakni diumpamakan seperti banyaknya bulu dari binatang yang disembelih, ini merupakan penggambaran saja tentang betapa besarnya pahala itu, hal ini dinyatakan oleh Rasulullah SAW. “Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan”. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
Idul Adha bukanlah hari raya biasa. Untuk merayakannya tidak sekedar bertakbir, tahlil, tahmid serta bertasbih. Yang dilanjutkan dengan shalat ied dan menyembelih hewan kurban. Tapi lebih dari itu, idul adha melalui syariat kurban mengingatkan kita untuk merenung, berpijak , dari keagunanan sejarah yang melatar belakanginya tentang pengorbanan Nabiyallah Ibrahim dan putra tercinta Ismail, anak yang sangat disayangi
dan menjadi buah hati selama ini ternyata harus di sembelih sebagai perintah Allah Swt.

Kebahagiaan hanya bisa dirasakan kepada orang yang mempunyai hati yang selalu bersyukur kepada semua nikmat yang telah diberikan oleh ALLAH SWT. Kebahagiaan bukan semata karena materi semata, dengan berlimpahnya harta , rumah yang mewah , mobil yang mewah ataupun istri yang cantik, kalau kita merasakan hal itu membuat kita bahagia malah merasa kekurangan berarti kita tidak bahagia, ada masalah dengan hati kita. kita wajib bersyukur terhadap semua nikmat yang telah diberikan ALLAH SWT kepada, karena nikmat yang diberikan kepada kita setiap hari, setiap jam, setiap menit itu sungguh2 banyak tak terkira kan, kita bisa melihat, kita bisa merasakan, kita bisa menciumi, kita bisa mendengar dan kita bisa merasakan dingin dan panasnya udara disekitar kita.

Maka wahai saudara2ku, jangan pernah kalian kufur nikmat karena nanti kalian akan di adzab dan disiksa, bersyukurlah biarpun sedikit rejeki yang kita terima, sedikit kamu terima asal kamu bersyukur Allah akan meridhainya daripada diberikan rejeki tetapi merasa kurang terus maka Allah akan mengurangi nikmat kepadanya bahkan memberikan adzab kepadanya,

Tanggal 20 Mei 2008, Istriku ingin periksa ke dokter kandungan, ak disaranin mada untuk periksa ke Ibu Hj. Muzzayanah, di Jl M. Haryono, Istriku diperiksa tensi dan beratnya, Tensinya antara 70-90 rendah banget ya, pantes aja ngeluh capek terus, n bobotnya nambah 54 Kg, terus kami periksa ke Bu bidan Muzzayanah, disana istriku dites USG,Subhanallah Aku bisa melihat Mujahidku, ternyata dia lagi tidur, ak ditunjukin kepala, kaki dan jantungnya, memang belum sempurna bentuknya tapi itu sudah membuatku senang sekali,mungkin 2 bulan ke depan kami periksa lagi ke bu bidan Muzzayanah guna periksa ulang kesehatan ibu dan Bayi kami..

Selamat berjuang ditengah kegelapan Anakku, Ayah selalu menanti kamu di dunia ini, di dunia yang penuh dengan kerusakan dan kemunafikan, semoga engkau menjadi penerang hati kami yang selalu gelap, dan menerangi semua kegelapan yang ada,hehe..he. emang lampu…


Anakku 14 Minggu

Mengenal PHP dan Koneksi ke Database MySQL
PHP merupakan bahasa pemrograman server side yang bisa bekerja atau berjalan dengan menggunakan web server dalam hal ini web server yang sering dipakai adalah apache, xitami, IIS dan Tomcat. Kalau Penulis sering memakainya apache.
Web Server Apache sudah sampai ke versi 2.0 kalau untuk mengetahui versi terbaru apache silahkan kunjungi situs ini http://jakarta.apache.org/ didalam sana terdapat informasi tentang web server apache. baik kegunaanya juga penyetingan dalam aplikasi tertentu.
Database MySQL merupakan database server yang biasa digunakan untuk menyimpan data, database ini Open source/ gratis bisa dipakai dimana aja , di windows dan Linux, kita bisa mendownload aplikasi ini di web MySQL . Database ini juga bisa koneksi dengan berbagai bahasa pemrograman dekstop tidak hanya untuk PHP saja, antara lain Visual Basic, Delphi, J2ME, JSP dan lain sebagainya. Penulis sering menggunakannya dengan Bahasa Pemrograman Visual Basic, karena kemampuannya memang disana, he3x nanti ada pembahasan lagi. untuk koneksi ke Bahasa pemrograman Dekstop seperti itu harus menggunakan beberapa aplikasi yaitu MyODBC,JODBC silahkan kunjungi web MySQL karena Semua Informasi tentang database MySQL ada disana
Contoh Pemrograman PHP
Menampilkan STRING
<?php
echo
“Hallo Apakabar <br>”;
Print
“Kabar Baik”;
?>

Hasilnya :

Hallo Apakabar
Kabar Baik

Perintah Echo dan Print disana itu hampir sama , yaitu berfungsi untuk menampilkan string

—> Masih ada kelanjutannya <—-
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.